Langsung ke konten utama

Perjalanan Lengkap ke Dieng part 2

Cerita lanjutan dari ini nih perjalanan lengkap ke dieng

Dieng kalo diartikan itu terdiri dari 2 kata yaitu Di dan Hyang, Di artinya suatu tempat sedangkan Hyang artinya dewa jadi kalo diartikan utuh Dieng berarti Tempatnya para Dewa, mantep yee. mata lo semua gak bakal bosen deh mandangin Candi Arjuna disana, selain karna letak candinya yang ada di ketinggian > 1700 mdpl, pemandangan disana juga segeeer banget (bukan karna banyak cewek pake celana gemesh ya!) keindahan antara warna candi dipadu warna hijau rumput dan pepohonan di sekililingnya serta dipenuhi warna biru langit dan biru bukit sejauh mata memandang, beeeuuuuuh cooy ini surga kenyamanan :D

komplek candi Arjuna
dari komplek candi arjuna kita jalan lagi menuju kawah sikidang, nanti kita akan melewati museum kailasa dan candi Gatutkaca. jalan menuju candi Gatutkaca agak unik ya macem ini lah
jalanannya bagus sob lebih bagus dari taman menteng
setelah kita susurin jalan tersebut sampelah kita di candi Gatutkaca, gw gak tau kenapa dinamain gatutkaca padahal ga ada mirip miripnya sama si gatot tetangga sebelah #eh. di candi gatut kaca juga suasananya bikin kita nyaman bangat buat main main di situ, ada kali 30 menit lebih kita berlima gak cabut cabut dari candi itu 
nyaman sob disitu

levitation
ini nih yang bikin lama di candi gatut kaca, si wincent ini nih yang usaha bangat buat dapetin foto levitasi kayak 30 seconds to Mars wkwkwkwk gw sih ngeliatnya kayak pose patung di Rio de jenairo ya #kabooor.
gw phewe aji pada nyobain satu persatu phewe paling tinggi lompatnya cuma posenya macem spiderman, gw ngeri kalo upload itu foto ada electro dateng lewat sirkuit listrik laptop gw. pieka doang yang gak mau lompat, dia orangnya pengertian sih, takut pas lompat candi gatutkacanya ambruk, itu kan bangunan prasejarah harus dijaga kelestariannya oke piek ?? okesip tinggal nunggu di gamprat pieka hahaha...
pemandangan dari candi gatutkaca

keliatan ada telaga gak ?? itu gak ada namanya di peta yang awal gw kasih liat. itu telaga lebar banget coy, cuma ketutup sama selak belukar aja. dan kalo kita memandang jauh kesana keliatan komplek candi arjuna dan kalo kita cari cari lagi bakal keliatan daerah homestay kita. gila jauh juga kita jalan ya men!! tapi gak kerasa capeknya.

take picture more and more
yap temen gw yang satu ini hobinya moto, semua dipoto apapun di poto, dia berpendapat bahwa semua dan apapun bisa dijadiin objek poto. oiya just info penduduk disana sangat ramah ramah orangnya. usahain selalu sapa penduduk sekitar yang lagi beraktifitas, berikan senyuman yang ikhlas. percaya atau enggak sikap kita disana itu bisa dibalas dengan cepat loh
neduh dulu
setelah berjalan kurang lebih 10 menit tibalah kita di gapura kawah sikidang, tadi kan gw udah bilang pas masuk candi arjuna kena biaya 10ribu buat 2 lokasi, candi arjuna sama kawah sikidang, nah kita kan gak bayar ya di candi arjuna karna kabur gitu hahaha. ternyata di kawah sikidang kita gak bisa ngelak lagi coy. pas udah mau bayar eh ujan gede bangat alhasil kita neduh dulu cukup lama sekitar 20 menitan. ini kesempatan buat buka gadget dan pamer di PATH atau socmed yang lain bahahaha.

untung bangat punya temen kayak pieka ya, stok makanan di tas gw udah kayak indomaret portable n,n saking banyaknya kita bingung ngabisinnya gimana. ngeliat petugas yang jaga pada ngobrol dan ada cukup banyak petugas yang jaga akhirnya kita bagikan makanan kita ke mereka. walaupun mereka menolak tetep kita kasih aja bahkan kita kasih lebih banyak lagi karna emang pieka beli snacknya dus dusan wahahaha. udah neduh lama eh ternyata bapak petugasnya nawarin diri buat nganterin kita ke kawasan kawahnya karna dari gapura menuju kawah masih sekitar 300 meter lagi. anter pake apa pak ?? "Pake Mobil laah" asyiiik si bapak baik juga yee berkat sogokan makanan apa nih hahaha.. tapi sebagai warga negara yang baik kita juga mesti bayar tiketnya dong ya. dan harusnya bayar 50ribu ini cuma dikenain 20ribu ajah wahahahaha emang dasar rejeki anak Sholeh.

tapi berhubung kondisi ujan gede dan dingin bangat disana gak terlalu bagus pemandangannya dan gak ada wisatawan yang mendekati kawah dan lebih memilih neduh. tapi kita berlima memutuskan untuk menyewa ojek payung dengan harga 1 payung 5ribu rupiah. kita gak sempet foto foto tapi sempet ngambil foto kawahnya ya seperti inilah, disana ada penyewaan kuda dan motor trail buat foto foto loooh.
kawah sikidang




rencana kita setelah dari kawah sikidang kita mampir lagi ke telaga warna, tapi berhubung cuaca hujannya ekstrim sampe bikin badan gw menggigil hebat ditambah gw gak bawa jaket pas keliling dieng ah udahlah kita balik dulu ke homestay telaga warnanya besok aja abis liat sunrise di sikunir. 
oke kita ke homestay, mau jalan kaki lagi ?? capeek sob, mending naek ojek motor aja, per orang cuma kena 10ribu atau mungkin bisa murah tergantung cuaca dan cara menawar, dan ternyata naek ojekpun sampe homestay butuh waktu sekitar 10 menit, oalaaaah untung naek ojek ya hahaha. sesampainya di homestay kita udah disambut sama bu siti disuruh istirahat dulu, "capek ya? udah sana istirahat dulu, ini sepatu biar ibu yang beresin, nanti ibu bawakan kentang ya ke kamar" beeeuuuuh berasa punya emak kandung lo disini sob hahaha. 

komoditas utama warga dieng adalah kentang, jadi jangan heran kalo kentang itu lebih ngampar dibanding beras, uniknya disana potongan kentangnya adalah 1/4 buletan, jadi cukup engap juga sih kalo dimakan, coba aja potongannya kecil kecil kayak friench fries yah??, padahal ada bubuk rasanya juga loooh
colokan 3
 di homestay kita istirahat, ada yang nyobain kentang goreng dieng, ada yang mandi ada yang ngatur listrik biar bisa ngecas semua hape kita. nah ini alat colokan 3 kemanapun lo pergi lo mesti bawa biar lo bisa ngecas gak cuma punya lo doang tapi temen temen lo kebagian listrik juga.

malem pun datang, niatnya gw sama temen temen gw pengen ngubek ngubek kuliner disana. tapi berhubung gw abis menggigil hebat dan fisik butuh istirahat lebih banyak makanya gw gak bisa ikutan, mereka keluar gak tau kemana tapi cuma ngambil beberapa foto doang. dan disana itu cindera matanya gak keliatan murahan kok, contoh kupluk yang dibeli temen gw si pieka ini, lumayan keren kan ??
untuk kuliner disana lo bisa cobain sate khas dieng, minuman purwaceng dan manisan buah carica

piss piek :D

malam harinya selain kita istirahat kita juga merencanakan buat esok paginya karna kita mau liat sunrise di bukit sikunir aja. mas Prayit (suami ibu Siti (kalo gak salah namanya ya)) memberikan kami solusi untuk menyewa sepeda motor sebagai transportasi dari homestay menuju titik pendakian bukit, udah gitu dicariin lagi motornya. tapi kita kan gak tau jalan ke titik pendakian bukitnya?? oh tenang si mas prayit ini punya banyak relasi, jadi ditawarin lagi mau pake guide gak ?? guidenya gak cuma nganterin ke sikunir tapi ke semua lokasi. wah udah nyewa motor ditambah guide pula, jadi berapa ya ??
  • 1 motor : 50ribu 
  • 1 guide : 50 ribu 
  • sewanya 3 motor jadi 150ribu
  • total 200ribu dibagi 5 = 40ribu/orang
Oke mas prayit, kita sewa motor dan 1 orang guide bahahaha ngitung ngitung dulu yee baru setuju.gw kasih tau ya sama lo semua, lo gak bakal nyesel nyewa motor deh disana sumpaah ternyata jarak dari homestay ke titik pendakian jauh juga men, ada kali 15 menitan baru sampe, mana sepanjang jalan gelap dan sepi diapit hutan begitu beeeh, tapi jalananya seru meen berasa adventure lo disana hahaha.
jika musim kemarau atau siang harinya panas sekali maka suhu di dieng saat pagi bisa mencapai titik dibawah 0 derajat celcius. bahkan embun embun yang ada di daun akan membentuk kristal dan banyak tanaman warga sekitar mati, bukan karna kekeringan akibat panas, tetapi karna dingin yang ekstrim.
pesan mas prayitno sebelum kita jalan cuma satu, "badan yang penting hangat, kalo kurang hangat silahkan pake jaket saya yang udah saya taruh di lemari" disediain jaket juga soooob, berasa punya bokap lo dimari sob. setibanya lo disana jangan kaget ngeliat orang udah berjubel, ditengah tengah gelap gulita banyak orang berbaris mendaki bukit sikunir, napaf sesak dan suhu dingin bangat. dan sangat dianjurkan untuk memakai alas kaki yang bergerigi bawahnya biar gak licin bray. oh iya disini karna kita bawa motor maka kena biaya parkir motor dengan harga 2rb/motor ditambah lagi kena biaya tiket retribusi karna ini masih dikelola masyarakat jadi cuma kena harga 6rb/or. ketinggian sekitar >2200 mdpl lo harus berjuang buat mendaki bray karenaaaaa...... eng ing eeeeng!!
berjajar gunung dan bukit

mesti sediain flash eksternal buat foto belakangin matahari

langit udah kayak lukisan

disini bukit disana gunung

di depannya matahari

bagi orang yang suda pernah naik gunung mungkin ini gak seberapa tapi bagi gw ini luar biasa, bisa ngeliat keindahan cipataan tuhan lukisan pemandangan yang agung bisa terlihat hanya dari bukit, ya bukit Sikunir cocok bagi gw dan orang orang yang belum pernah naik gunung. ada banyak foto dengan pemandangan keren tapi gak mungkin gw pajang satu per satu. udah sampe disini itu terserah lo dah mau berapa jam disitu gw gak ngelarang. tapi berhubung kita belum sarapan dan ada satu lagi destinasi yaitu telaga warna makanya kita cau jam 7 pagi.
jalur pendakian, cukup ekstrim
kalo malem track pendakiannya gak keliatan begitu siang lo liat sendiri aja men tracknya kayak gimana. pinggirannya udah jurang, lumayan juga tuh kalo jatoh. disepanjang jalan turun ada banyak anak anak muda asli dieng yang pada ngamen, dan ada satu wadah di tengah jalan buat nerima uang untuk dana kebersihan, dan emang ternyata bersih sih ya sepanjang jalan dari bawah sampe diatas gak ada sampah
ono telaga cebongnya nyempil

dan begitu mendekati parkiran, ternyata keliatan telaga cebong soob, wahahaha bagaikan bidadari pemalu yang sedang memperlihatkan kemaluannya #eh kecantikannya, telaga cebong terlihat sedikit saja dari kejauhan karna diapit oleh tebing tebing di bukit sikunir, ini buat kita semangat buat ke bawah dan ngeliatn pemandangan telaga cebong.
di sekitar telaga ini banyak bangat yang camping karna sekarang ini udah gak boleh ada yang camping di puncak sikunir dengan alasan kalo ada yang camping di puncak jadi kotor, udah gitu banyak yang pada berzinah (nah loh, siapa tuh yang sering camping?)
cus terooos

sekedar tips buat yang pake kendaraan saat mau keluar pastinya banyak bangat kendaraan yang keluar dari parkiran, gak cuma motor tapi mobil juga berjibun, daripada lo macet macetan mending lo nyari warung makan aja biar sekalian sarapan disitu.
mesen mie rebus, temen gw ngiranya panas eh ternyata kuahnya udah dingin aja bahahaha. kita kalo ngomong udah kayak orang lagi nyemoke keluar asep putih.
telaga cebong

somewhere on road

sepanjang perjalanan kita liat kanan liat kiri, kali ada pemandangan bagus kita jepret jepret dulu dah, ini dah untungnya nyewa motor, kemana mana jadi gampang kan hahaha.

perjalanan dari parkiran bukit sikunir menuju telaga warna cukup jauh juga yaa, kurang lebih 20 menitan bisa 40 menitan kalo kita sambil foto foto mah hahaha.




foto yang diatas awan ini ada di pinggiran suatu jalan di sebelah kiri. kita nemunya gak sengaja karna ada sekelompok anak anak muda abis foto foto disitu. pas kita liat wuiiiiiih. kita diatas awan soob hahaha.. keren
kita mesti manjat pipa gas dulu terus turun dan ada jalan setapak baru dah kita bisa dapet foto kayak begitu.

di telaga warna gw gak nawar lagi parkiran motor, jadi kena biaya 3rb/motor ah sudahlah ikhlasin aja. tiket masuk telaga warna padahal cuma 2rb/org. mahalan tiket parkirannya ya haha.
di kawasan ini ternyata gak cuma ada telaga warna, tapi ada telaga pengilon dan banyak gua gua, ada gua yang boleh dimasukin ada gua yang gak boleh dimasukin karna masih sering dipake orang buat semedi jadi gak boleh sembarangan orang masuk.

patung gajah mada
telaga warna dahulu kala kata guidenya setiap 5 menit berubah warna, kadang biru, hijau, sedikit merah dan kuning pokoknya berubah 5 menit sekali kayak pelangi gitu lah, kalo sekarang cuma warna hijau biru aja. sayang bangat yah, mungkin karna udah banyak orang yang kesitu jadi temperature udara sekitar mempengaruhi perubahan warna itu.
anak gimbal dipercaya anak anugerah dari tuhan, karna mereka awalnya terlahir normal dan tidak dapat ditentukan diumur berapakah anak tersebut rambutnya menjadi gimbal. jika seorang anak menjadi gimbal maka anak tersebut akan menjadi lebih aktraktif dari anak lain seumurannya. rambut gimbalnya pun jika dipotong akan tetap tumbuh gimbal lagi. tunggu tanggal tertentu di bulan agustus jika ingin memotong dan mengakhiri rambut gimbal sang anak, itupun jika sang anak mau, dan keingingan anak tersebut harus dipenuhi. 
nah prosesi pemotongan rambut anak gimbal dilaksanakan di telaga warna, nantinya seserahan seperti kepala kerbau dan buah buahan serta potongan rambut anak gimbal tersebut akan di taruh di telaga warna tersebut dan tidak butuh waktu lama, semuanya akan hilang tak bersisa di telaga tersebut.
telaga warna
berhubung waktu kita terbatas dan kita tau kalo po Malino putra itu on time makanya jam 2 kita mesti cau dari dieng dan berangkat ke terminal mendolo karna jam 4 sore bis langsung berangkat ke jakarta. kayaknya cukup sekian dulu deh yang bisa gw ceritain ke lo semua, jangan ragu buat tanya ke gw kalo butuh info lebih lanjut, jangan males buat cari informasi kalo emang lo pengen ngetrip. terima kasih atas waktunya dalam membaca blog gw ini. muchos gracias :D

"the best thing that you can do, let your problem behind you and let your bestfriend beside you" _phewe's quote

Komentar

Postingan populer dari blog ini

bikin halaman upload foto dengan thumbnails dan resize

Tutorial kali ini gw akan ngebahas gimana caranya lo upload image berukuran besar dan image asli tetap tersimpan di folder berikut image yang sudah di resize ukurannya sehingga menjadi image thumbnail. Sebelum melangkah lebih jauh mending buka ini dulu deh Membuat halaman Upload dan Download gunanya untuk mereview kembali cara upload lewat php dan menyimpan file itu ke dalam folder yang kita buat di htdocs. Jika sudah dan merasa gak perlu oke kita lanjutin yah.ini merupakan tutorial untuk mengupload foto dalam web php kita, dan foto asli yang kita upload akan langsung kita buat thumbnailsnya yaitu menyimpan foto ukuran asli dan menyimpan foto ukuran yang sudah terkompres. yang pertama kita siapin adalah databasenya dulu kasih nama databasenya 'image', siapin table dengan format CREATE TABLE IF NOT EXISTS `resize` (   `id_img` int(11) NOT NULL AUTO_INCREMENT,   `filename` varchar(100) NOT NULL,   `size` varchar(100) NOT NULL,   `type` varchar(100) NOT NULL,   PRIMAR

Cara menghilangkan galau

Okeh kali ini gw mau membahas tentang kegalauan hidup yang mungkin sebagian besar orang pasti alamin. gw sudah merasakan dan melewati masa - masa galau dalam hidup gw, pada masa - masa ini seperti halnya pisau bermata 2, kalo kita terlalu larut dalam kegalauan maka kehidupan kita akan terjerembab dalam kesuraman. Namun kalo kita bisa menggunakan masa - masa ini dengan bijak ini adalah masa yang tepat untuk menempa mental dan pemikiran kita. ada beberapa alasan yang menjadi penyebab utama galau, diantaranya :  lawan jenis (pacar) keluarga karir gak bisa dipungkiri kalau masalah si lawan jenis ini penyebab paling seringnya seseorang (apalagi remaja) menjadi galau gak karuan, lagi marahan atau lagi putus hubungan keduanya bikin otak serasa mumet padahal masalah orang tua yang udah punya anak itu lebih mumet lagi. dan kalaupun kita yang sedang galau karena masalah ini bisa berpikir jernih dan sadar kita akan berpikir bahwa di luar sana dalam bumi yang bulat ini masih banyak orang lain yang

Halaman Guestbook dengan Captcha

Sesuai judul kali ini gw coba kasih sesuatu yang mungkin udah banyak orang yang tau cara bikinnya gimana, terus terang, ini merupakan kesimpulan dari berbagai macam tutorial yang gw kumpulin dan gw baca serta gw pelajarin *lebay lo om :D sebelumnya gw harapin udah pada bisa bikin database di localhost dulu ya, terserah mau pake apa tapi lebih enak buat yang baru belajar mending pake XAMPP deh *karna gw cuma bisa pake itu. Oke pertama - tama kita buat dulu databasenya dengan nama 'tutorial' tanpa kutip, terus buat tablenya dengan patokan ini  CREATE TABLE IF NOT EXISTS `guestbook` (   `id` int(5) NOT NULL auto_increment,   `name` varchar(25) NOT NULL,   `email` varchar(50) NOT NULL,   `comment` longtext NOT NULL,   `datetime` varchar(65) NOT NULL,   PRIMARY KEY  (`id`) ) ENGINE=MyISAM DEFAULT CHARSET=latin1 AUTO_INCREMENT=1 ; id gw bikin primary key supaya jadi pembeda antara komen guestbook satu dengan yang lainnya dan auto_increment supaya dia akan menambah data dengan s